Minggu, 28 Desember 2008

geezzzzzz

hmmm, banyak orang nanya dan komentar kenapa gue
ngak pulang natal ini. Paling banyak komen kayak gini," BOOOO, lu khan di jakarta? buseett, anak durhaka lo!!". Wakakakakak...i know what im doing and i have a reason for that (cieeee..)

this gonna be my (last) Christmas (hopefully) in Bandung. Makanya gue memutuskan buat Natalan di sini ajah. Tapi sebenernya ada ide lain yang pengen gue lakuin, yaitu PERGI....THE JOURNEY!! Hmmm, gue pengen menutup bulan ini dengan adventure.. Awal bulan udah, nah biar seimbang kudu ditutup diakhir bulan khan.

Tapi ada satu kendala, budget yang ketat! hahahha, dah cekak abis kepake yang di awal bulan. Tadinya pengen banget pegi ke pantai lageh, tapi berhubung buat ke pantai dari tempat gue ini butuh sedikit biaya akomodasi yang agak gede, makanya ngak bisa. Heehehe, nah muter otak dah gue...gimana caranya bisa tetep adventure dengan murah meriah seneng (beuh, tetep!!).

Cling...terbersit buat trekking, yeah. Kemana? Ke TANGKUBAN PERAHU!!. cool, that is so rite. Karna gue belum pernah ke Tangkuban Perahu, apalagi lewat jalur trekking. Patut dijalankan...

Sepeti biasa, ada atau tidak ada temen....tetep kudu jalan! Dan gue menetapkan tanggal 27 Des buat jalan.Ternyata gue ngak sendiri, ada temen2 laen yang ngak pulang juga dan akhirnya gue ajak mereka. Well, this gonna be interesting

27 Des

Rencana berangkat jam 5am...tapiiiiiiiiiiii, kita semua telat bangun!! alhasil rencana ngumpul jam 5 di belakang ITB jadi jam 6.30am. Dah ngumpul semua (gue, Cici, Gilbert, Nova, Yoel, Yepe), BERANGKATTTTTT.

Perjalanan dimulai dengan angkot Caheum-Ledeng, hmmmmm sepi cui. No traffic (ya eyalah, liburan getoh dan masih pagi!!). Nyampe di Ledeng dalam waktu 10 menitan, mantob. Lanjut lageh naek St.Hall-Lembang, turun di Jayagiri dan cuma menempuh perjalanan dalam waktu 20 menitan. Suibbbbbb....the tracking start from here. Gue jadi keingetan masa-masa enkonter (jaman gue) di wisma bethesda!! wakakaka, MEMORY kau membuat..hati ini...lho, kok jadi nyanyi?/!
oh ya, kita semua belom pernah ada yang trekking ke Tangkuban lewat Jayagiri. Modal kita cuma tas, sepatu, ama informasi online.Cihuy dah pokoke....Mulailah kita berjalan, dan menurut informasi akan nyampe di gerbang masuk Jayagiri dalam 20 menit. Tapiii kok dah 20 menit ngak nyampe-nyampe yah,hehehehe. Agak takut kesasar khan ya, kita nanya deh ama tukang gorengan. Tapi ternyata kita di jalan yang benar. Jadi kenapa kok lama yah....Mau tau kenapa?? Jalan santai...hehehe. But that was our purpose, just have fun...

Nyampe lah di Gerbang masuk Jayagiri, yuhuuuu. Keren banget pemandangannya cui..edan. Biaya masuk 3rb rupiah ajah, dan pas di gerbang sempet nanya ama bapak petugas disana keadaan/kondisi track. Bapaknya bilang lurus-lurus ajah, ikutin jalan tanah. Sippp, cocok sama informasi online yang gue dapet. Mulailah kami memasuki kawasan hutan pinus...

Beneran cuantik banget loh..dah luama banget gue ngak trekking dan menyusuri pepohonan. Sepanjang jalan banyak banget (atau hampir semuanya yah) pohon-pohon pinus yang tinggi-tinggi ajah. Menurut informasi online lagi, kita bakal nyampe di gerbang awal Tangkubannya sekitar 2-3 jam an. Well, i will tell you later on how long we got through it..hehehehehhe

Jalur yang dijalanin sebenernya mudah, karna emang jalur yang udah kebuka. Jadi ngak ada istilahnya buka jalan. Cuma kemarennya itu hujan, jadi agak becek dan licin. Sempet Nova ama Yoel keselimpet dan agak jatoh. Nova yang jatoh agak memprihatinkan, tapi emang dasat tu cewe perkasa juga..hajar ajah gitu!!! Nah disepanjang jalan, yang paling banyak minta berhenti dan istirahat yaitu Cici.....hahahhaahah, sampe hampir nyerah dia ngak mao jalan lageh. Dia bilang kalo dia tunggu kita di hutan ini ajah dan udah ngak sanggup lageh. Busetttttttttt, dia pikir kita mao jemput dia lageh di hutan ini yah. Mending makasih dah....Dengan bantuan tongkat-tongkat akhirnya kita berjalan terus, hidup CICI!!!

Ditengah jalan, kita ketemu beberapa penduduk lokal yang lagi kerja di hutan.Ada bapak yang lagi ngebabat rumput, yang udah belasan tahun kerja di hutan pinus. Ada juga bapak-bapak yang abis ambil kayu, bapak-bapak serta istri mereka yang berangkat untuk cari kayu. Ngak cuma ketemu penduduk lokal, tapi kita juga ketemu sama rombongan laen yang udah beberapa kali jalan lewat jalur ini. Menyenangkan...setidaknya kita emang di jalur yang benar,hehehe. Dan alhasil kita minta tolong potoin, teteup!! Heheheh, soalnya kita belom ada neh poto barengan semuanya khan. So, get ready and action babe.....

Melanjutkan lagi perjalanan yang ternyata baru setengah perjalanan,fiuuuuhhh!! Tapi setelah lewat lapang luas ini, gue baru ngerasa dan nikmatin banget. Setelah 10 menitan jalan, ketemu lagi spot yang baguuuussss. Dari spot ini kita bisa ngeliat kota bandung
dan sekitarnya...oooowww geeez, keren abis. Dan hari itu, emang lagi terang ajah. Jadi awan yang menudungi kita juga asooooyyy banget (ca elah...)... Keren banget lah, God...you are amazing. Cuma itu kata-kata yang keluar dari mulut gue. Awesome!!

Jalan terus..dan berpikir agak kesasar (dan kayaknya bener...hahaha), akhirnya kita sampe di jalan aspal. Fiuh...setidaknya kita ngak kesesat di antah berantah mana getoh.hehehehe.....Lanjut perjalanan aspal ceritanya neh, tapi tetep ditemenin ama pohon-pohon gede plus mobil. Hehhehehe..ntah kenapa sepanjang jalan, kok orang-orang di dalam mobil ngeliatin kita yah(bukan ke geer an loh), apa mereka pikir kasian banget neh orang-orang. Hhahahahaahaa, belom tau ajah mereka..emang karna kita ngak punya mobil.Wakakakak

Akhirnya titik cerah Tangkuban terlihat sudah..heheheh. kita dah nyampe di gerbang nya beneran (lah yang tadi....?/). Masih kudu jalan lageh sekitar 1.2km lagi buat nyampe kawahnya. HAJJJJJAR bleh!!

Rame banget!! Itu pertama kali yang terlintas di pikiran gue pas dah nyampe kawah. Beuh, beneran dah...padet banget cuy. Segala macem rupa orang ada pas disana, wisatawan asing..ada...wisatawan domestik...buanyak. Tapi niatan buat meng"hajar" tempat ini ngak jadi surut buat kita. Gue langsung mencari spot-spot liar, yang emang kudu diinjek dan shot asek baut poto. hehehehehhe...

Naek keatasan dikit, mulai kerasa dinginnya..wuuiii, tapi seru!! Kita sempet duduk dan istirahat sebentar disisi sebelah kiri puncak kawah. Bener-bener amazing banget lah. Sama Ipod yang nempel di telinga gue, ngak abis-abisnya gue pandang tu keindahan alam. Setiap tempat yang pernah gue injek, punya keindahan nya sendiri-sendiri.Dan itu yang membuat gue terkagum sama kuasa yang DIATAS. Dia emang dahsyat dan ngak tertandingin bange... Gue bersyukur dan selalu bersyukur kalo gue masih dikasi kesempatan buat ngeliat keindahan ini. Dan gue semakin menyadari kalo gue emang bener-bener ngak bisa
hidup tanpa Dia.hehehehhe...sounds a romantic words isnt it, for You only Lord!!

Dah puas ngaso, kita mulai ngiterin sisi sebelah kanan. Emang kalo dari petunjuk online yang gue dapet, ada satu spot yang kayak berupa garis dan hamparan seperti pasir putih. Nah dari sisi tempat kita ngaso, keliatan banget spot itu...So, tanpa eling eling. HAJARRRRR lah sudah...

Pas menuju kesana, beberapa kali (eh, berkali-kali) kita berhenti buat photo session.hahahaha...oh ya, kita juga sempet ngelewatin pasar. yah semacam tempat buat beli oleh-oleh lah...wuuuii, padet bo!! dan banyak ajah jualannya..yang paling menarik buat gue adalah kayu batik kukun. Jadi, di batang pohon itu udah terukir "batik-batik". Kalo lapisan luar dari batang kayu itu dikelupas, eh keliatan deh ukiran batik di batangnya. Dan itu emang alamiah kayak gitu...bapak yang lagi ngerjain kerajinan dari kayu batik kukun itu juga bilang, kalo corak batik di setiap batang bisa beda. Bahkan di satu batang ajah kalo dikelupas lebih dalam bisa ditemuin corak yang beda lagi. Edan.....keren abis. Ini baru pertama kali gue liat, seru banget. Ajaib banget....cuma ada di Indonesia!!! (kayaknya yah....). Kaya nya negara gue ini...ngak usah pake dibuat-buat..alamiah ajah. Eh ada batik di kayu, bisa dibuat apaan lageh yah?/ hmmmmmmmm.

Lanjutin perjalanan, agak sedikit hujan dan angin yang makin kenceng. Tapi akhirnya sampe juga kita di spot yang gue bilang tadi. Ternyata ngak cuma satu garis lurus kayak yang kita liat dari kejauhan. Tapi kayak hamparan kawah yang luas ajah. Menantang buat turun ke bawah kawah, dan itu yang kita lakuin. Kita turun ke bawah dan bau belerang nya kerasa banget. Humm, adak menyengat banget tapi tidak menghalangi kami buat bertahan sebentar...Yang menarik di bawah kawah ini adalah genangan air di tengah-tengah ke tandusan. Jadi kita tuh kayak ada di padang gurun dan tiba-tiba ada air yang menggenang. Wuahahahha, mantab lah..Dan dikelilingin ama gunung-gunung.

Struktur tanah di kawah ini juga menarik, padat tapi lunak trus licin.. jadi kita lepas sepatu dan berjalan telanjang kaki di bawah kawah ini. Kayak berasa di reality show SURVIVOR!! hahahahaha, seru abissss....dah agak lamaan dibawah, mulai kerasa pusing. Gue
pikir karna bau belerangnya dan oksigen yang tipis.

Setelah puas, kita naek keatas dan tiduran bentar sambil istirahat. Beneran dah ini mah nantang banget, nantang matahari!!! Sambil ngeliat jam, ternyata dah jam 4 lewat.wuiiiiiii dah hampir 4 jam an kita di seputaran kawah...saatnya kembali ke selera asal.hahahahah...Selesai tidur-tiduran (ama batu-batuan), kita memantabkan diri buat balik.

Semuanya udah dirasa ampe titik darah penghabisan....hahahahha, mantab lah. Satu kata yang terucap pas pulang : PUAS BANGET!!!.

Cabutttttttt....dengan
mobil omprengan dan bayar 10rb, kita turun ke Lembang. Thank you for great time guys, let's continue to our next trip ok...oia, oleh-olehnya adalah..GOSONG aka SUNBURN. Yeahhhhhhhhhhhhhhhh....NATAL YANG TAK TERLUPAKAN 2008.

journey never ending, the next trip is....

(more pics, feel free to visit my facebook..you will find it there)